Kamis, 14 Maret 2013
Lemlit UIN akan Gelar Pelatihan Penangkaran Peneliti
Ditulis Oleh : Administrator UIN

UIN Online – Lembaga penelitian (Lemlit) Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar rencananya akan menggelar pelatihan penangkaran penelitian Dosen di Malino (3 Juni-3 Juli/ 2013) mendatang.


Menurut Ketua Lembaga Penelitian UIN, Dr H Abd Rasyid Masri S Ag M Pd M Si, tujuan kegiatan ini untuk melahirkan peneliti-peneliti handal yang memiliki kemampuan dasar, terapan, dan lanjutan.


“Melalui pelatihan ini, diharapkan alumni penangkaran bisa bertarung mendapatkan penelitian baik di tingkat nasional maupun internasional,” harapnya Lebih lanjut Rasyid mengatakan, Dekan di setiap fakultas kiranya mengutus lima orang sebagai calon peserta untuk diseleksi dengan syarat , Dosen dengan pangkat maksimal Lektor (III/d) dibuktikan dengan melampirkan foto copy SK fungsional terakhir yang dilegalisir sebanyak tiga rangkap, serta menyerahkan proposal penelitian sesuai dengan bidang keahlian.


“Syarat lainnya adalah membuat pernyataan kesedian untuk tidak pulang selama penangkaran berlangsung, mengisi formulir, membawa mandat dari Dekan, serta syarat lainnya,” tambahnya.


Dalam pelatihan ini rencananya akan di hadiri 33 pembicara. Mereka diantaranya dari Kementrian Agama, para Dosen metodologi dari Universitas Hasanuddin, Universitas Negeri Makassar, Universitas Muhammadiyah Makassar, dan pakar peneliti dari UIN sendiri.


Program unggulan Rektor setelah Gerakan Seribu Buku (GSB) ini, diharapkan pula mampu melahirkan peneliti yang mandiri, memiliki kualifikasi kemapanan, serta daya saing dalam bidang penelitian.


Pihak panitia juga menjanjikan peserta yang mendapat kategori 10 besar akan diberikan 1 judul penelitian. Tak hanya itu ke depan, rencananya akan diterbitkan pedoman penelitian yang terdiri dari manual mutu dan manual prosedur penelitian di lembaga penelitian.


[ Kembali ]